• Bahasa

Diskanak Garut Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Laut Untuk Warga Kelurahan Cimuncang

4 Oct 2021 Hanapi 201

GARUT, Garut Kota - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Garut, menggelar pelatihan pengolahan ikan laut untuk warga Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (4/10/2021). Karena keadaan yang masih di tengah wabah Pandemi Covid-19, pelatihan ini hanya diikuti oleh kurang lebih 10 orang saja, yakni dari warga serta kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) RW 06 Kelurahan Cimuncang.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap, Diskanak Garut, Dudu Sudarya, mengatakan, pelatihan ini sebagai bentuk kontribusi Diskanak  dalam program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kelurahan Cimuncang.

"Nah, ini salah satu kegiatan dari dinas kami dari Bidang Perikanan Tangkap untuk ibu-ibu PKK di Kelurahan Cimuncang, ya. Yang kebetulan tahun ini ada program P2WKSS. Jadi, salah satu konstribusi dari dinas kita," ucapnya.



Ia mengungkapkan, selain pelatihan hari ini, Diskanak Garut sebelumnya memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak kepada warga Kelurahan Cimuncang, yaitu pelatihan pembuatan pakan ternak, kemudian pelatihan pengolahan ikan laut dan nanti ke depan akan ada bantuan ikan budi yang diperuntukkan nantinya bagi kelompok budi daya ikan.

Pelatihan pengolahan kerupuk ikan ini, imbuh Dudu, bertujuan agar ibu-ibu PKK di Kelurahan Cimuncang bisa memiliki keterampilan tambahan dan hal ini juga bisa digunakan untuk mendorong perekonomian keluarga.

“Kita juga ada misi untuk meningkatkan gerakan gemar makan ikan. Jadi diharapkan dengan produk produk olahan dari perikanan ini nanti masyrakat terbiasa untuk mengkonsumsi produk perikanan dan ujungnya nanti mudah mudahan bisa mendorong ya untuk program pencegahan stunting, ya. Sehingga nanti anak anak bisa meningkatkan gizi makanannya,” lanjutnya.



Dudu menerangkan bahwa kegiatan ini baru dilaksanakan pada tahun ini. Ia berharap kegiatan ini bisa dilakukan di desa-desa lain yang ada di Kabupaten Garut tentunya dengan melibatkan ibu-ibu PKK.

“Diharapkan nanti untuk desa desa berikutnya, lokasi berikutnya juga kita selenggarakan. Kemarin kita kebetulan sudah melaksanakan di desa Sukakarya, Kecamatan Samarang.” pungkasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT